Industri UKM juga memanfaatkan mesin press ini, biasanya untuk mengepress plastic bekas, kaleng, kardus, maupun kertas. Sehingga seluruh benda tersebut bisa segera dikirimkan ke pabrik khusus untuk mengolah bahan daur ulang.

Mesin Press Hidrolik dan Sistem Kerjanya
Hukum Pascal merupakan landasan yang mendasari sistem kerja mesin press ini. Suatu mesin press akan mempunyai beberapa komponen dasar dalam sistem hidrolik. Beberapa komponen tersebut adalah pipa hidrolik, piston, silinder, dan sebagainya.

Cara kerja mesin ini cukup sederhana. Ada dua silinder yang akan diisi dengan cairan berupa minyak. Kedua silinder tersebut mempunyai diameter kecil dan mempunyai piston di bagian dalamnya. Piston tersebut akan didorong sehingga cairan akan mengalir lewat pipa menuju ke silinder berukuran besar.

Silinder yang ukurannya lebih besar tersebut dikenal dengan sebutan master silinder. Karena silinder besar mendapatkan tekanan, piston di dalamnya akan mendorong cairan tadi untuk kembali ke silinder yang lebih kecil.

Kemudian gaya akan diterapkan pada cairan dalam silinder kecil dengan kekuatan yang besar saat master silinder didorong.

Berbagai Komponen dalam Hydraulic Press
Mesin press hidrolik ini mempunyai beberapa komponen yang peranannya sangat penting. Setidaknya ada 6 komponen penting yang sebaiknya dipahami sebelum mulai menggunakan mesin press. Ke-6 komponen penting tersebut adalah:

1. Dongkrak hidrolik

Merupakan komponen yang paling utama yang terdapat dalam mesin press hidrolik. Fungsi utama dari dongkrak hidrolik ini adalah untuk memberikan tekanan melalui piston penekan pada bahan yang akan ditekan.

2. Tabung pengepresan
Bagian kedua yang sama pentingnya adalah tabung pengepresan yang fungsinya adalah untuk menampung biji atau bahan ketika proses pengepresan berlangsung. Tabung ini berbentuk silinder dan mempunyai ketinggian tertentu. Terdapat lubang-lubang penyaring pada tabung tersebut.

Biasanya, lubang penyaring pada tabung pengepresan mempunyai diameter kurang lebih 3 mm dan letaknya ada di bagian bawah tabung.

3. Piston pengepres

Disebut juga dengan istilah plat penekan, bagian yang satu ini berupa sumbat geser yang posisinya ada di dalam tabung pengepresan. Fungsi utama komponen yang satu ini adalah untuk mengubah volume bahan yang ada di dalam tabung pengepresan.

Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menekan bahan yang ada di dalam tabung tersebut. Piston pengepresan juga bisa melakukan dua fungsi tersebut sekaligus.

4. Handle hydraulic press machine

Merupakan sebuah komponen atau bagian dari mesin press hidrolik yang fungsinya adalah menaikkan batang luncur. Berkat handle ini, batang luncur bisa naik secara otomatis. handle juga bisa digunakan untuk mengembalikan posisi batang luncur seperti semula.

5. Penampung minyak
Tempat penampung minyak ini berfungsi untuk menampung minyak yang dihasilkan selama proses pengepresan berlangsung. Bentuknya mirip seperti loyang persegi dan mempunyai lubang. Lubang tersebut merupakan akses keluar minyak dari proses pengepresan.

6. Pegas tarik

Bagian mesin press yang satu ini berfungsi untuk menaikkan batang luncur serta mengembalikan batang luncur tersebut. Kedua proses tersebut bisa berlangsung secara otomatis berkat pegas tarik.

Keuntungan Menggunakan Hydraulic Press Machine

Ada banyak keuntungan yang
bisa diperoleh dengan menggunakan mesin press hidrolik. Dari sekian banyak
keuntungan, beberapa diantaranya ada di bawah ini.

1. Penekanan yang diberikan oleh mesin press ini bisa memampatkan suatu bahan hingga batas maksimal. Penekan hidrolik hanya akan mengambil setengah ruang mekanis berkat kemampuannya mengompres tekanan yang besar.

2. Komponen mesin press yang ukurannya relatif kecil bisa digunakan untuk memindahkan tenaga yang cukup besar.
3. Proses pengaturan dan pengontrolan lebih mudah dilakukan. Proses perawatannya juga lebih mudah, Anda bisa melumasi dan merawatnya sendiri untuk menjaga usia pakainya tetap panjang.
4. Rancangan mesin press sangat sederhana dengan berbagai komponen yang mudah dipahami dan digunakan. Berbagai komponennya juga sangat fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan sedikit masalah.

Hydraulic press merupakan alat yang bertenaga besar dengan ukuran yang relatif kecil. Alat ini sangat bermanfaat untuk berbagai industri.

REKOMENDASI PRODUK HYDRAULIC PRESS
Hydraulic Press KESTONE adalah mesin yang dirancang untuk kebutuhan service bengkel ataupun yang lainnya. Dengan alat ini pengerjaan menjadi lebih cepat dan mudah dalam penggunaannya.

Anda dapat mengunjungi link berikut untuk detail produk dari KESTONE :
https://kestone.co.id/product/hydraulic-press/