Dengan mengenali dan memahami berbagai alat bengkel, Anda akan langsung mengetahui alat mana yang diperlukan saat tindakan darurat terjadi dan tidak ada bengkel di dekat situ. Apa saja peralatan bengkel yang sering digunakan dan mempunyai peranan yang penting?

Peralatan Bengkel Otomotif Dan Fungsinya
Alat perbengkelan merupakan sekelompok peralatan yang digunakan untuk memelihara atau memperbaiki kendaraan. Peralatan tersebut bisa berupa alat-alat elektronik atau mekanik yang bisa dipakai dalam menangani berbagai pekerjaan di bengkel. Berikut ini beberapa contoh dan fungsinya.

1. Kunci pas
Merupakan alat perbengkelan yang biasanya ada di setiap mobil. Meskipun salah satu kunci pas dari peralatan bengkel otomotif mungkin tidak tersedia, kunci pas merupakan alat mendasar yang paling sering dibutuhkan. Bentuk kunci pas mirip segitiga.

Fungsinya adalah untuk membuka baut kendaraan atau mengencangkan baut kendaraan. Tersedia berbagai ukuran kunci pas yang bisa digunakan sesuai dengan ukuran baut yang akan dikencangkan atau dilonggarkan. Akan lebih baik kalau koleksi ukuran kunci pas dilengkapi dan semuanya siap digunakan.


2. Obeng
Obeng merupakan alat perbengkelan yang bagian ujungnya mempunyai tanda – atau +. Sama seperti kunci pas, ukuran obeng juga cukup bervariasi sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk membeli obeng yang mempunyai kualitas bagus.

Obeng yang kualitasnya bagus memungkinkan Anda untuk melepas pasang bagian ujungnya sehingga bisa menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan.

3. Peralatan bengkel otomotif obeng ketok
Peralatan bengkel otomotif yang berikutnya bernama obeng ketok yang fungsinya kurang lebih sama dengan obeng pada umumnya. Tapi ada keunikan yang dimiliki oleh obeng ini, yaitu kekokohan dan ketebalan bahannya.

Obeng ketok biasanya dibuat menggunakan bahan yang sangat kuat sehingga bodinya tidak akan remuk atau patah saat diketok menggunakan palu. Alat ini dirancang khusus untuk membuka atau mengencangkan baut yang tidak bisa dibuka atau dikencangkan dengan mudah.

4. Kunci ring
Merupakan suatu alat perbengkelan yang berbentuk lingkaran dan mempunyai lubang di bagian tengahnya yang membentuk cincin. Bagian dalam ring tersebut mempunyai permukaan bergerigi sehingga mur atau baut bisa dibuka dan dikunci sesuai dengan yang keinginan.

5. Kunci nipel
Kunci nipel mempunyai kemiripan dengan kunci pas dan seringkali disalah artikan sebagai kunci pas karena bentuknya yang mirip. Tapi kunci ini sebenarnya mempunyai bentuk menyerupai huruf C dan permukaan bagian dalamnya bergerigi seperti kunci ring.

Desain kunci tersebut sengaja dibuat sedemikian rupa agar penggunanya bisa mengencangkan baut atau membuka baut dengan lebih mudah.

6. Peralatan bengkel otomotif batang geser T
Merupakan salah satu peralatan bengkel otomotif yang biasanya digunakan bersama dengan kunci sock. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pelonggaran atau pengencangan baut. Kalau kunci ring atau kunci pas gagal melakukan tugasnya, coba gunakan batang geser T ini.

7. Rachet
Setelah baut berhasil dilonggarkan dengan salah satu dari enam peralatan yang sebelumnya, rachet bisa mulai digunakan. bagian dalam rachet mempunyai gerigi yang membuat baut bisa dicengkram dengan lebih mudah.

8. Kunci Inggris
Merupakan suatu alat yang cukup istimewa karena penggunanya bisa menyesuaikan ukuran ujung kunci dengan mudah. Penyesuaian ujung kunci bisa dilakukan berdasarkan ukuran baut yang akan dikencangkan atau dilonggarkan.

Penggunanya tidak perlu susah payah mencari ukuran kunci yang pas. Tinggal ambil saja kunci inggris kemudian sesuaikan besar atau kecilnya kunci tersebut dengan ukuran baut.

9. Socket segi enam
Adalah sebuah kunci yang fungsinya juga untuk melonggarkan dan mengencangkan baut, tapi alat ini lebih aman digunakan dibandingkan dengan beberapa peralatan sebelumnya. Cengkraman socket segi enam ini lebih kuat dibandingkan dengan daya cengkram beberapa kunci yang disebutkan sebelumnya.

Pegangan pada socket segi enam ini juga bisa dibuat panjang atau pendek dan disesuaikan dengan batang ekstensi yang dimiliki.

Pastikan untuk mengoleksi dan membawa seluruh peralatan bengkel otomotif yang ada di atas. Jika suatu ketika mobil membutuhkan perawatan atau perbaikan ringan dan tidak ada bengkel di sekitar lokasi, Anda sudah siap untuk memperbaikinya sendiri.

REKOMENDASI PERALATAN BENGKEL OTOMOTIF BERKUALITAS

Anda dapat mengunjungi link berikut untuk detail produk dari KESTONE :
https://kestone.co.id/product