Pompa hidrolik memunculkan tekanan yang akan mendorong silinder baja dan memberikan gaya pada material tertentu. Di dalam mesin press ini ada beberapa bagian yang sangat penting. Kenali setiap bagiannya serta fungsi dari alat press ini agar bisa lebih memahami cara menggunakannya.

4 Komponen Penting Hydraulic Press Machine

Setidaknya ada empat bagian penting yang ada di setiap alat press hidrolik. Penting untuk memahami setiap bagian tersebut agar mesin press bisa digunakan dengan tepat sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Keempat bagian penting mesin press hidrolik adalah:

    1. Frame atau bingkai baja

Fungsinya adalah untuk menahan struktur dari munculnya energi kolateral yang berasal dari tekanan hidrolik. Biasanya, bentuk frame atau bingkai baja ini bervariasi, sesuai dengan aplikasi pengepresan.

2. Meja baja

Merupakan bagian lain dari alat press hidrolik yang tujuannya adalah menopang objek saat objek tersebut akan ditekan. Meja baja juga bisa diatur ulang penempatannya sehingga bisa selalu sejajar dengan letak objek yang akan di press.

3. Silinder baja hidrolik

Bagian dari hydraulic press machine yang satu ini bisa diperpanjang sehingga bisa disesuaikan dengan jarak penerapan daya tekan pada objek yang diletakkan di meja baja.

4. Pompa hidrolik

Bagian yang keempat ini menggunakan fluida hidrolik dalam membuat tekanan yang nantinya akan menggerakkan silinder. Sehingga silinder akan mengeluarkan gaya tekan sesuai dengan yang telah ditentukan pada panel pengatur tekanan.

2 Fungsi Utama Mesin Press Hidrolik
Mesin press hidrolik menawarkan banyak sekali fungsi yang membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai industri. Apakah industri Anda membutuhkan alat press hidrolik ini? Beberapa fungsi mesin press hidrolik bisa ditemukan di bawah ini.

     1. Perbaikan part motor

Fungsi hydraulic press yang pertama adalah untuk memperbaiki kerusakan pada motor seperti kerusakan pada disk breaker dan segitiga. Alat ini digunakan untuk membantu mempermudah proses pelurusan disk breaker maupun segitiga yang bengkok karena benturan yang terjadi saat kecelakaan.

 2. Pengepakan barang

Dalam industri UKM, alat press hidrolik dimanfaatkan untuk mengepress plastik, kaleng, kardus, atau kertas bekas. Selanjutnya produk yang sudah dikemas tersebut bisa dikirimkan dengan aman ke lokasi pengolahan daur ulang. Peranan mesin press hidrolik dalam industri UKM sangat penting.

Dengan pengepresan tersebut, volume berbagai barang yang tadinya sangat besar bisa diperkecil. Sehingga proses pengiriman akan menjadi lebih baik, dalam segi teknis maupun dalam segi ongkos pengiriman.

Cara Kerja Hydraulic Press Machine

Memahami pengertian, komponen, serta fungsi mesin press hidrolik saja tidak cukup. Anda perlu mempelajari cara kerja mesin yang sangat bermanfaat ini. Mesin press hidrolik memang hadir dalam berbagai jenis, tapi umumnya mesin press hidrolik Kestone bekerja dengan cara yang mirip.

   1. Pompa menggerakkan mesin

Pompa akan membuat tekanan tetap. Tekanan tetap inilah yang akan menentukan gaya press dengan menggunakan satuan ton. Setelah diaktifkan, tekanan dari pompa membuat bagian silinder penekan menjadi memanjang.

   2. Silinder menekan objek

Setelah pompa menggerakkan mesin, silinder akan turun perlahan dan menekan objek dengan gaya dari pompa. Silinder baja akan kembali naik setelah katup tekanannya dilepaskan. Proses ini akan berlangsung beberapa kali selama proses operasional hydraulic press.

   3. Pengoperasian dengan listrik
Jika operasi pengepresan mempunyai skala yang besar, maka pompa bisa digerakkan dengan bantuan udara atau listrik. Gunanya adalah untuk meminimalisir operator pengepres pada bagian pengontrol daya tekanan. Operator bisa menyetel keperluan aplikasi berulang kali.

5 Jenis Mesin Press Hidrolik

Pasar menawarkan setidaknya 5 jenis mesin press hidrolik yang bisa digunakan oleh berbagai macam industri. Jenis yang pertama adalah mesin press hidrolik dengan empat kolom. Kemudian yang kedua adalah tipe-C atau mesin press hidrolik kolom tunggal.

Tiga jenis lainnya adalah mesin press hidrolik vertikal, mesin press hidrolik horizontal, dan mesin press hidrolik universal. Dapatkan hydraulic press yang paling berkualitas hanya di Kestone Indonesia melalui link berikut ini https://kestone.co.id/product/hydraulic-press/.