Mobil truk ini bisa dioperasikan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Ada banyak komponen yang dimiliki oleh truk pengangkut ini dan semuanya mempunyai fungsi yang sangat penting. Selengkapnya mengenai mobil truk pengangkut ada di bawah ini.

Pengertian Forklift, Jenis, dan Fungsinya

Transportasi alat berat yang satu ini mempunyai 2 garpu yang fungsinya adalah untuk mengangkat pallet. Garpu pada truk pengangkut ini compatible dengan berbagai jenis pallet yang ada di pasaran. Truk pengangkut ini bisa dikatakan sebagai kendaraan yang berfungsi sebagai alat bantu.

Jenis truk pengangkut sendiri ada bermacam-macam, antara lain:

1. Electric

Jenis yang pertama ini mempunyai fungsi untuk mengangkut serta memindahkan barang yang kapasitasnya besar, baik di dalam maupun di luar ruangan. Versi electric ini sangat cocok untuk bongkar muat barang di ekspedisi, pabrik, gudang, pelabuhan, dan lokasi lainnya. Mobil truk pengangkut yang satu ini mempunyai kapasitas yang cukup besar, yaitu mencapai 5 ton. Ketinggian angkatnya bisa mencapai 6 meter.

2. Reach truck

Jenis forklift yang berikutnya adalah reach truck yang fungsinya adalah untuk memindahkan barang yang kapasitasnya besar serta bisa diangkat melalui proses penataan yang ada di bagian atas berbagai rak tinggi. Kapasitas reach truck hanya 2 ton saja.
Tapi karena fungsinya adalah untuk mengangkat melalui rak-rak yang tinggi, ketinggian angkat reach truck bisa mencapai 8,5 meter.

3. Diesel

Kestone Indonesia menyediakan jenis diesel yang merupakan kendaraan modern dan dilengkapi dengan sistem yang canggih serta berkualitas tinggi. Fungsinya adalah sebagai alat pengangkut ketika memindahkan beban serta saat proses bongkar muat barang.
Biasanya, jenis forklift ini digunakan untuk operasional luar ruangan. Ketinggian angkat jenis diesel bisa mencapai 6 meter dengan kapasitas bervariasi. Ada yang kapasitasnya 3 ton, 5 ton, bahkan ada juga yang mencapai 10 ton.

4. Gasoline

Fungsinya adalah untuk memindahkan barang serta untuk bongkar muat dan bisa juga untuk mempermudah proses penataan di berbagai rak yang cukup tinggi. Ketinggian angkat versi gasoline mencapai 2 meter dengan kapasitas hingga 2 ton.

Cara Kerja Truk Pengangkut Untuk mengoperasikan truk pengangkut ini, operator perlu meletakkan barang atau beban di bagian pallet. Kemudian beban tersebut bisa diangkat serta dipindahkan dengan bantuan truk pengangkut. Sistem operasi truk ini tidak bisa dipindahkan dari penggunaan bahan bakar.

Bahan bakar yang digunakan bisa berupa solar, gas, battery, dan gasoline. Penggunaan bahan bakar bisa mempengaruhi cara kerja serta lokasi pengoperasian forklift. Keterangan lengkapnya ada di bawah ini.

     1. Bahan bakar solar dan gas
Truk pengangkut dengan bahan bakar solar dan gas seringkali digunakan di luar ruangan karena bahan bakar tersebut bisa menyebabkan polusi berupa gas emisi atau asap. Polusi tersebut akan menyebabkan gangguan kesehatan jika truk digunakan di dalam ruangan.

     2. Bahan bakar gasoline dan baterai
Seringkali digunakan di dalam ruangan karena kedua bahan bakar tersebut hampir tidak mengakibatkan polusi. Sehingga kesehatan orang-orang di sekitar truk pengangkut ini akan tetap terjamin.

Cara pengoperasian forklift sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu dengan transmisi manual dan transmisi otomatis.

1. Transmisi manual

Mempunyai pedal yang mirip dengan pedal mobil, yaitu rem, kopling, dan gas, pengoperasiannya lebih sulit dibandingkan dengan transmisi otomatis. Tidak ada tuas maju mundur seperti yang dimiliki oleh versi otomatis. Tapi versi ini memiliki tuas handle turun naik dan gigi.

     2. Transmisi otomatis

Truk pengangkut versi ini bisa dioperasikan dengan lebih mudah dibandingkan dengan versi sebelumnya. Ada 4 bagian pada tuas handlenya, yaitu tuas maju mundur, turun naik, geser kanan kiri, dan cungkil. Pedal di bagian bawah berfungsi sebagai kopling dan rem.

Forklift diesel Kestone Indonesia hadir dalam 2 kapasitas berbeda, yaitu 3 ton serta 5 ton. Kapasitas 3 ton memiliki ketinggian angkat mencapai 3 meter sedangkan kapasitas 5 ton mempunyai ketinggian angkat hingga 5 meter.

Untuk mendapatkan Forklift diesel berkualitas dapat mengunjungi https://kestone.co.id.
Kunjungi link berikut untuk membeli Forklift Diesel 3 Ton – https://kestone.co.id/product/forklift-diesel-3-ton
dan link berikut untuk membeli Forklift Diesel 5 Ton – https://kestone.co.id/product/forklift-diesel-5-ton