Nama lain dari alat pengangkut ini adalah hand forklift atau hand lift. Ada beberapa jenis yang tersedia dengan kelebihannya masing-masing. Sebelum memesan hand lift, pastikan untuk mempelajari jenis-jenisnya dan beberapa perbedaannya.

Jenis-Jenis Hand Stacker

Hand lift merupakan suatu alat angkut dengan 2 garpu panjang yang bisa naik dan turun di ketinggian tertentu. Alat ini sering digunakan di pabrik, swalayan, gudang industri, bengkel, atau berbagai tempat produksi lainnya. Beberapa jenis hand lift yang tersedia antara lain:

1. Hand lift manual

Fungsinya adalah untuk memindahkan barang yang kapasitasnya besar pada ketinggian tertentu. Jenis yang pertama ini hadir dengan harga yang relatif lebih murah. Perawatan hand lift manual juga lebih murah dan mudah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Manual hand stacker merupakan alat yang sangat cocok untuk digunakan memindahkan beban yang kapasitasnya berkisar antara 1 hingga 2 ton dan dengan ketinggian maksimal mencapai 3 meter. Ada banyak keuntungan menggunakan manual stacker, misalnya:

• Pengoperasian tidak perlu menunjukkan lisensi forklift. Tapi operator tetap perlu memahami cara mengoperasikannya secara aman.

• Tidak menggunakan baterai sehingga penggunaan lebih murah dan hemat. Alat ini juga tidak memproduksi asap sehingga lebih cocok digunakan di dalam ruangan.

• Bisa bermanuver dengan lebih mudah sehingga sangat cocok untuk pekerjaan mengangkat beban di dalam ruangan yang terbatas atau sempit.

Tersedia 3 pilihan manual stacker di Kestone Indonesia, semuanya mendukung ketinggian hingga 1,6 meter tapi dengan 3 kapasitas beban yang berbeda. Tiga kapasitas beban yang tersedia adalah 1 ton, 1,5 ton, dan 2 ton.

2. Hand stacker semi electric

Semi electric stacker hadir dengan pengoperasian semi electric. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara elektrik tapi beberapa hal lainnya tidak bisa dilakukan secara elektrik. Untuk mengangkat fork pada stacker, operator cukup menekan suatu tombol tanpa harus memompa secara manual.

Jenis hand lift yang kedua ini sangat cocok untuk memindahkan beban yang kapasitasnya antara 1 sampai 2 ton dan pada ketinggian maksimal mencapai 3,5 meter. Semi electric stacker lebih efektif dibandingkan dengan jenis yang pertama, khususnya dalam hal tenaga dan waktu.

Berkat efektifitas tersebut, semi electric stacker sangat cocok bagi operator yang perlu memindahkan banyak barang tanpa menghabiskan banyak waktu

3. Full electric hand lift

Yang terakhir adalah hand stacker full electric yang seluruh pengoperasiannya memanfaatkan sistem elektrik tanpa campur tangan manual sama sekali. Jenis yang ketiga ini merupakan hasil pengembangan dari jenis yang kedua. Ada lebih banyak keuntungan yang ditawarkan oleh jenis ini.
• Bisa dikendalikan dengan memanfaatkan sistem kendali elektrik sehingga tidak ada pengoperasian manual sama sekali.

• Tidak mengeluarkan suara atau asap knalpot, sehingga sangat cocok untuk dioperasikan di dalam ruangan.

• Mampu bermanuver dengan lebih mudah sehingga bisa mengangkat beban dengan lebih efektif di dalam ruangan yang tidak terlalu luas.
• Ukurannya jauh lebih kecil dan memungkinkan operator untuk mendapatkan visibilitas yang jauh lebih baik ketika mengangkat beban.

Perbedaan Hand Stacker Manual dan Electric

Saat akan membeli hand lift dari Kestone Indonesia, pastikan untuk memahami perbedaan antara tiga jenis hand lift yang tersedia. Tujuannya adalah untuk menemukan hand lift yang kapasitas beban dan ketinggian angkat yang paling sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan mendasarnya antara lain:

1. Kapasitas Beban

Hand lift versi manual bisa mengangkat lebih banyak beban. Ada produk hand lift yang mampu mengangkat beban maksimal seberat 2 ton. Versi semi electric mirip dengan versi manual. Versi full electric hanya bisa mengangkat beban maksimal seberat 1,5 ton saja.

2. Ketinggian Angkat

Meskipun versi full electric kalah dalam hal kapasitas beban, versi ini jauh lebih unggul dalam ketinggian angkat maksimal. Versi elektrik bisa mengangkat beban hingga ketinggian maksimal 5 meter. Sedangkan versi semi electric bisa mengangkat beban hingga ketinggian maksimal 3,5 meter.

Dan hand stacker versi manual dari Kestone hanya bisa mengangkat beban dengan ketinggian maksimal 1,6 meter saja.

Anda dapat melakukan pemesanan produk hand stacker berkualitas dari Kestone baik hand stacker manual maupun hand stacker electric melalui link berikut :

  1. Hand Stacker Manual – https://kestone.co.id/product/hand-stacker-manual
  2. Hand Stacker Manual Premium – https://kestone.co.id/product/hand-stacker-manual-premium
  3. Hand Stacker Semi Electric – https://kestone.co.id/product/hand-stacker-semi-electric
  4. Hand Stacker Full Electric – https://kestone.co.id/product/hand-stacker-full-electric